Last updated on June 8
Menghitung anggaran iklan Kepada kampanye dengan Sasaran leads merupakan langkah Krusial dalam merencanakan strategi pemasaran yang efektif. Leads, atau prospek potensial, adalah individu atau organisasi yang menunjukkan minat dalam produk atau layanan Anda dan Mempunyai potensi Kepada menjadi pelanggan. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah praktis Kepada menghitung anggaran iklan yang sesuai dengan kampanye yang bertujuan Kepada menghasilkan leads.
Tentukan Tujuan Kampanye Anda
Langkah pertama adalah memahami dengan Terang apa yang Ingin Anda Letih melalui kampanye ini. Seberapa detail data leads yang Anda butuhkan akan tergantung tahapan selanjutnya dari proses marketing Anda. Sebuah kampanye iklan Bisa hanya membutuhkan form isian nama dan email, sementara kampanye yang lain akan membutuhkan data yang lebih banyak dari itu.
Secara Lumrah, form isian yang lebih singkat akan memperbesar jumlah potensi pengunjung website yang akan mengisi form tersebut. Dapatkan Nomer Sasaran leads yang sesuai dengan Sasaran market dari produk/layanan Anda. Produk berupa property mewah tentunya Tak akan Mempunyai market sebanyak, misalnya, property rumah sederhana.
Estimasikan Nilai Konversi
Berikutnya adalah melakukan riset Kepada menghasilkan Nomer konversi yang wajar sesuai industri dari produk/layanan Anda. Study yang dilakukan oleh Ruler Analytics menyebutkan bahwa rata-rata nilai konversi dari kunjungan ke submit form adalah sebesar 2.9% Kepada Sekalian industri. Dengan rata-rata tertinggi Terdapat di industri Jasa Profesional sebesar 4.6%, dan terendah di industri B2B Commerce.
Estimasikan Pengunjung Halaman
Dengan menggunakan nilai konversi diatas, kita kemudian dapat menghitung jumlah pengunjung halaman form yang dibutuhkan Kepada menghasilkan jumlah Leads sesuai Sasaran.
Misalnya:
Kalau kita Mempunyai Sasaran 100 leads (100 orang yang mengisi form isian), dan kita gunakan nilai rata-rata konversi sebesar 2,9%, maka jumlah pengunjung halaman yang perlu diupayakan adalah; Trafik = Sasaran Leads / Conversion Rate = 100 / 2,9% = 3,448 pengunjung.
Artinya Kepada menghasilkan 100 leads, halaman pendaftaran harus memperoleh Kurang Lebih 3,448 pengunjung
Estimasikan Jumlah Klik Iklan
Jangan lupa bahwa jumlah kunjungan website berbeda dengan jumlah klik pada iklan kita. Tak Sekalian klik pada iklan kita akan menghasilkan kunjungan website. Banyak hal yang menyebabkan adanya data discrepancy, mulai dari sumber data yang berbeda, IP ban, load speed, dll.
Umumnya kita Bisa berasumsi bahwa akan dibutuhkan jumlah klik sebanyak 2x lipat Kepada menghasilkan kunjungan yang tercatat. Artinya, Kepada menghasilkan 3,448 pengunjung akan membutuhkan 6,896 klik pada iklan kita
Hitung Cost-per-Click
Disini kita Bisa langsung menghitung berapa budget yang dibutuhkan Kepada mancapai jumlah klik sesuai perhitungan kita diatas. Lagi-lagi kita menggunakan Dugaan Kepada menetapkan nilai CPC, karena nilai ini sangat bervariasi tergantung banyak hal. Tetapi Kepada industri yang Lumrah, kita dapat berasumsi bahwa nilai CPC adalah Rp 3,500 / click. Artinya Kepada menghasilkan 6,896 klik akan membutuhkan anggaran sebesar Rp 24,136,000.
Alur perhitungan:
- Kepada memperoleh 100 leads, membutuhkan 3,448 pengunjung
- Kepada memperoleh 3,448 pengunjung membutuhkan 6,896 ads klik
- Kepada memperoleh 6,896 klik membutuhkan anggaran sebesar Rp 24,136,000
Hitung Cost-per-Mile Impression
Kita Bisa juga menghitung berdasarkan Cost-per-Mile Impression. Dengan Dugaan CTR sebesar 0.1% maka Kepada menghasilkan 6,896 klik akan membutuhkan 6,896,000 impression. Dugaan nilai CPM adalah sebesar Rp 3,000/Mile Impression, maka anggaran Kepada nilai impresi sebesar itu adalah 6,896,000 x (Rp 3,000/1,000) = Rp 20,688,000
Alur perhitungan:
- Kepada memperoleh 100 leads, membutuhkan 3,448 pengunjung
- Kepada memperoleh 3,448 pengunjung membutuhkan 6,896 ads klik
- Kepada memperoleh 6,896 klik membutuhkan impressi sebanyak 6,896,000 impresi
- Kepada memperoleh 6,896,000 impresi membutuhkan anggaran sebesar Rp 20,688,000
Baca juga: Paham Jasa SEO dalam 3 Menit
Catatan:
Perhitungan diatas adalah Langkah mudah Kepada menghitung anggaran iklan dengan Sasaran Leads. Pada akhirnya Terdapat banyak Dugaan pada nilai-nilai yang digunakan dalam perhitungan tersebut. Banyak Unsur yang menyebabkan perbedaan pada nilai-nilai diatas, seperti industri, kualitas iklan, produk, kompleksitas form, dll
Buat Anda yang baru Ingin memulai transformasi digital dengan menggunakan iklan berbayar (media placement), yuk kerja sama bareng Digimensia! Kenapa harus sama DiPS? Digimensia merupakan digital agency Jakarta yang akan melayani Anda Kepada melakukan transformasi digital dengan menawarkan beberapa jasa seperti website development, social media management, email marketing, optimasi SEO/SEM, dan lain sebagainya.
Kami akan membuatkan Anda berbagai Ragam aset digital yang pastinya dengan kinerja dan performa yang terjamin. Yuk, tunggu apa lagi? Hubungi Digimensia sekarang!